Tips Berkendara Hemat BBM
Telah dituliskan: 14 November 2009 Filed under: Sepeda Motor 24 Komentar
BBM Naik … Apa Boleh Buat !
Nasi sudah jadi bubur tetapi setidaknya sebagai pengguna sepeda motor terutama sebagai sarana berkendara harian hal tersebut tentunya harus di tanggapi dengang cerdas dan taktis, bukan hanya sekedar menanggapinya dengan sumpah serapah ataupun mengantri BBM berjam-jam sebelum kenaikan harga. Ada sedikit tips yang setidaknya dapat membantu mengurangi ongkos operasional dalam berkendara, nah!
Sepeda Motor dan Kondisinya
Untuk melakukan penghematan BBM langkah pertama adalah untuk melakukan Cek & Ricek kondisi sepeda motor. Sudah barang tentu faktor utama yang perlu di perhatikan adalah kondisi, baik mesin maupun kondisi sepeda motor secara keseluruhan.
- Mesin, Karburator dan Saringan Udara : Hal yang pertama dilakukan adalah mengecek kondisi terutama kebersihan karburator, dan saringan udara dari kerak atau kotoran yang terdapat pada bagian tersebut. Karena bila saja terdapat kotoran ataupun benda yang mampu mengganggu sistem kerja bagian tersebut sudah barang tentu kinerja mesin akan menurun dan berimbas pada konsumsi BBM motor tersebut – ini terkait dengan psikologi berkendara dan teknik mengemudi.
- Kembalikan Ke Kondisi Standar : Performance kit, semisal knalpot, saringan udara hingga stelan spuyer pada karburator maupun perangkat lainya yang mampu meningkatkan performa motor – termasuk ban ukuran lebih lebar dari ukuran standar tentunya akan membuat konsumsi BBM motor melonjak dibanding kondisi motor dalam keadaan standar. Untuk itu mengembalikan kondisi motor ke pada spek standar sudah pasti dapat memangkas konsumsi BBM
- Service Berkala : Hal ini terkait dengan poin pertama dan kedua. Dengan melakukan servis berkala setidaknya dapat menjaga kondisi dan performa motor agar motor tetap dapat memberikan performa otimal tanpa harus mengkonsumsi BBM lebih banyak dari saat motor masih dalam kondisi baru/ fresh from the oven … kue kalee… 🙂
Teknik Mengemudi dan Pskiologi Pengendara
Motor kondisi standar belum tentu akan berfungsi optimal bila teknik mengemudikanya sembrono alias tidak efisien. Tentunya dengan sedikit tips dalam berkendara maka motor tersebut akan lebih efisien dan berimbas pada penghematan BBM.
- Atur Bukaan Gas dan RPM : Semakin besar bukaan gas artinya semakin banyak asupan bensin ke karburator / injektor (untuk tipe fuel injection-red). Sudah barang tentu konsumsi bahan bakar akan meningkat drastis dibanding saat motor dalam kondisi stasioner. Sama seperti mengatur putaran mesin, semakin tinggi putaran mesin maka semakin banyak bahan bakar yang tersedot. (ingat beda dengan efek engine brake lho) jadi atur putaran mesin pada putaran menengah, meski tidak sampai torsi maksimum namun motor tetap dapat melaju dalam kecepatan normal.
- Sering Mengoper Perseneling – menjaga Torsi dan Putaran Mesin : Posisi gigi yang tepat di kecepatan yang tepat dan putaran mesin yang tepat adalah kunci hemat BBM. Bila putaran mesin tinggi menggunakan gigi rendah, disamping tidak nyaman hal ini juga menyebabkan pemborosan BBM. Sama persis dengan putaran mesin rendah, dalam posisi gigi tnggi. Untuk mencapai torsi optimum memaksa pengendara membuka gas lebih lebar, effeknya ya itu … pemborosan!
- Jangan Membuka Gas Maksimum : Umumnya pengendara motor langsung membuka gas secara maksimum begitu melihat lampu hijau. Memang rasanya lega begitu keluar kemacetan, namun pembukaan gas secara maksimum hampir sama effeknya dengan melakukan “Geber-geber gas” akibatnya pembakaran tidak effisien.
- Jangan Terpancing Kebut-Kebutan : Ngebut itu enak! Betul! ( kalo boleh ngebut tapi pelan-pelan… xixixixi… :-D)Tapi dalam rangka hemat BBM dan keselamatan sebaiknya mengedara motor cukup dalam kondisi normal saja. Cukup lakukan bukaan gas secukupnya dan berkendaralah sewajarnya. Insya Allah selain aman, nyaman anda bisa berhemat BBM Setuju ?!!!
Rasah diwoco sing penting:
PERTAMAAAAAXXXXX,KANG SURO!!
matur nuwun kang lek…. iya lagian iku tulisan jaman bahela…. mee 2008….. xixixixixi….
melu podium laaah…..
eniwey tengkiu buat pencerahannya…..
terima kasih bro terong…. yah… walopun artikel udah lama (mei 2008) yang penting manfaatnya ya bro….
kalo mau hemat ya pakenya bengsin campur…
.
.
.
.
.
.
.
.
campur dorong…
wakakakakaka… bisa ajah… btw matut thank’u bro jomblo untuk kunjungannya……
jomblo ati setuju!!!!!!!
asal tiap mboceng sampeyan wae…jadi di dorongnya kambe sampeyan…
eh klo nahan kopling..trus jadi kaya ndeleser gtu motornya…ada pengaruh gak…kaya kampas rem….atau bbm…
shark
congrat yah..dah jadi blogs nyeeee….jd bisa ngejunk di banyak tempat neh….wakakakakaka
oke bro terima kasih untuk kunjungannya…. klo nahan kopling selama gas ga digeber2 ga pengarruhnya sama konsumsi bbm, tapi kasihan kanpas rem sawaktu ngerem tanpa ada bantuan dari engine brake…
Haduuuu….
Selamat ya dengan blognya.
Bdw, lha kalo smua bikin blog, apa aq juga ikutan bikin
ya? Tapi nulis masalah apa?? Kok bingung…
Lanjut bro….aq jd bingung niiiihhh
😉
terima kasih bro dani ramadian… ga usah bingung…. sesungguhnya semua kegiatan yang kita lakukan setiap hari bisa koq jadi tulisan…. btw kalo ada niatan mo bikin blog, bikin aja… ga usah dipikir ntar diisi apaan… dengan sendirinya segudang ide untuk segera dituangkan diblog pasti bermunculan… tinggal sempet apa tidak buat nulisnya….
“2.Sering Mengoper Perseneling – menjada Torsi dan Putaran Mesin”
apa gak sekalian menJANDA. wewkewkewekwkewkewkeeekekeke,
hehehehe…. 🙂 maaf lolos sensor…. thank’u bro bro MR…..
absen… absen.. luwih enak dadi komengtator ternyata.. gak dikejar deadline…. bhuahahahaaaaa… udah dikantor dikejar2 gambar mesti beres… di warung pingin nongolin artikel…
ikut woro2 juga….
matur thank’u bro 1001nickname atas kunjungannya…. iya betul paling enak ya jd komentator sejati… makanya blog ini vakum sejak mei 2008…. baru kemaren coba ditengokin…. yah prinsipnya ga usah berpikiran punya blog wajib diisi dengan informasi2 yang berbobot dan aktual… satai aja bro…. toh tujuan ngeblog bukan untuk balapan siapa yg bisa nyuguhin hidangan lebih cepat, lebih hangat dan lebih segala-galanya….
Hadiiiiirrr…
Wah gambarnya Athlete
Xoxo..
Waktu inreyen kemaren ga pernah geber2an gas dan konsumsi sangat irit
Lha sekarang udah bebas, langsung lupa cara riding hemat bbm
😛
thank’u bro fraziel untuk kunjungannya….
hehehehe… biar dikatain corong kawasaki bro…. jd tak pasang gambar athlete….
hehe ada warung baru..
kapan nih selamatannya
matur nuwun bro mig… dah mampir… sorry nmb nyambut sampean…hehehehe… lg muter2 mider warung liyo…
Hayo bro lanjut lagi tulisannya
absen
mending kalo mau hemat pake kopi aja
kopinya diminum,,, trus dorong dehh
OOOooo tibakke iki wes lawas to, aku wes tau komen dengan Nama Palsu
Ditunggu cerita kamar sutra
Kan inte annat att hålla med!!! Samma sak om man säljer utstnunirg eller annat. Tex. Ett mail tar väl Max 1 minut å skicka!!